Kamis, 01 September 2011

Arti Ping & Cara Ping yang Baik untuk Artikel Kontes Blog

SiteMap : Home » » Arti Ping & Cara Ping yang Baik untuk Artikel Kontes Blog



Sebarkan Artikel

Arti Ping Blog dan Cara Ping yang Baik untuk Artikel Kontes SEO

a. Arti Ping

PING merupakan singkatan dari Packet Internet Gropher, yaitu program utility yang biasanya digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dengan menggunakan program utility ini, dapat dilakukan pengujian dengan cara mengirim sebuah paket data atau penyampaian informasi dari suatu ip address ke ip address lainnya untuk mengetahui apakah sebuah komputer/jaringan/server tersebut terhubung dengan komputer/jaringan/server lainnya.


b. Ping pada Blog

Pada blog atau situs, ping digunakan untuk membantu menyampaikan informasi tentang adanya update atau artikel terbaru pada suatu blog/website ke beberapa situs feed, directory, dan search engines yang biasanya sudah di tentukan oleh situs penyedia layanan ping. Selanjutnya situs-situs tersebut akan melakukan crawling terhadap blog/website yang baru saja melakukan ping kepada mereka dan selanjutnya akan mengindeks posting terbaru yang kita buat, atau dengan kata lain kita mengirimkan backlink ke situs-situs tersebut.

c. Situs Layanan Ping

Ada cukup banyak situs penyedia layanan ping yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan update posting situs/blog kamu, diantaranya:
  • Ping O Matic : (http://pingomatic.com)
  • Pingoat : (http://www.pingoat.com)
  • Pingates : (http://pingates.com)
  • Total Ping : (http://www.totalping.com)
Gunakan salah satu ping service saja dalam satu hari atau hanya setiap kali selesai membuat posting baru, jangan melakukan ping berulang-ulang karena akan dianggap sebagai spam.


Berikut ini saya berikan tips sederhana (hasil pengalaman saya sendiri), dimana saat saya selesai mengupdate blog maka saya lanjutkan dengan mem-ping blog saya. Contoh kali ini saya menggunakan situs layanan ping dari Total Ping (http://www.totalping.com).

Saat kita mengunjungi www.totalping.com maka akan disajikan sebuah form untuk kita isi dengan alamat situs/blog kita, dan selanjutnya kita lakukan ping.

Untuk ping di www.totalping.com secara umum dilakukan sebagai berikut:


cara ping standard
Saya melakukan langkah-langkah diatas untuk ping reguler blog saya.

Kemudian, untuk artikel-artikel pilihan ataupun artikel-artikel yang saya ikutkan kontes maka saya melakukan ping secara khusus. Saya contohkan, misal untuk artikel yang saya ikutkan kontes SEO dari Bpk Joko Susilo dengan kata kunci " Peluang bisnis online tanpa ribet" yang saya ikuti baru-baru ini maka dalam proses ping-nya saya menggunakan teknik sebagai berikut:

ping untuk optimasi artikel kontes seo

Trik sederhana ini saya lakukan dan ternyata benar-benar ampuh, cukup banyak artikel saya yang bisa menduduki posisi 1 di SERP Google bahkan bisa mengungguli blog-blog lain yang memiliki Backlink jauh melebihi blog ini.

Oya, untuk melihat hasil ping kita maka bisa kita cek ke alamat situs peng-index-nya (misal:  cek saja di  http://siteexplorer.search.yahoo.com) untuk melihat hasil ping kita di Yahoo.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: