SiteMap : Home » Otomotif » Isyarat Tubuh Yang Harus Diketahui Pimpinan Touring Sepeda Motor (VJ)
Follow @CoAd_minSPBIni adalah Bahasa Tubuh Yang Wajib Dikuasai Pimpinan Touring Sepeda Motor (VJ):
Gambar dibawah ini adalah sekedar contoh yang sekiranya harus dilakoni oleh ‘Petugas VJ Touring’ karena ia akan memimpin barisan grup, sudah tentu posisinya harus berada di barisan paling depan. Kemudian bahasa isyarat yang diberikan oleh VJ harus di ikuti oleh peserta secara berurutan mulai dari peserta nomor dua dan terus kebelakang. Namun pada prakteknya beberapa isyarat mempunya arti dan makna yang berbeda. Hal ini karena disesuaikan dengan gaya dan riding style dari setiap komunitas, klub motor, jenis motor yang dipakai. maupun sikap dari pengendara itu sendiri.
Catatan:
Untuk setiap keterangan yang ada dibawah ini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketika mengikuti touring secara grup.
1. START MESIN
Petugas VJ memberikan isyarat ‘hidupkan mesin’ dengan tangan kanan keatas sambil memainkan jari telunjuk tangan kanan. Posisi masih berhenti dan kode start harus didahului oleh klakson dari petugas SW yang ada paling belakang. Usai klakson SW tadi, VJ memberikan acungan jempol tangan kanan/kiri agar dilihat oleh semua peserta, artinya ‘ready to go.’

2. BELOK KIRI
Petugas VJ memberikan isyarat ‘belok kiri’ dengan cara mengayunkan tangan kiri sampai batas pundak sebelum ia belok ke kiri.

3. BELOK KANAN:
Petugas VJ memberikan isyarat belok kanan dengan cara mengangkat tangan kiri sampai keatas helm, dengan telapa tangan kiri tebuka mengarak kekanan. Gerakan dilulangi beberapa kali menunjuk kekanan.

4. BAHAYA DI SISI KIRI:
Petugas VJ memberikan isyarat ada  ‘bahaya di sisi kiri’ dengan mengangkat tangan kiri, serta menurunkan  tangan kirinya ke bawah sambil membuka jari telunjuknya. Menunjuk  sesuatu kebawah kiri seperti ada lubang atau jalan rusak. Cara ini jauh  lebih baik dari pada dengan mengangkat kaki.
 5. BAHAYA DI SISI KANAN:
Kalau pengendara bisa melepas gas  dengan situasi aman, maka isyarat memberikan ‘bahaya di sebelah kanan’  bisa saja dilakukan dengan mengangkat tangan kanan dan menunjuk ke arah  kanan.

6. BAHAYA DI SISI KANAN:
Petugas VJ jika terpaksa memberikan  isyarat ‘bahaya disisi kanan’ dengan cara mengangkat kaki kanan  secukupnya. Isyarat ini bukan aksi mau menendang, tetapi hanya sekedar  memberitahukan adanya bahaya dikanan karena tangan kanan pengendara  harus tetap pegang handle gas.
    7. BAHAYA DI SISI KIRI: Sama kek di  atass c beda kaki aja dengan kondisi diatas, Petugas VJ bisa juga  memberikan isyarat ada ‘bahaya disisi kiri’ sambil mengangkat kaki kiri  secukupnya. Sekali lagi
isyarat-isyarat menggunakan kaki bukan bermaksud menendang, tetapi hanya memberitahukan ada bahaya di kiri sementara tangan kiri pengendara harus pegang kopling.
isyarat-isyarat menggunakan kaki bukan bermaksud menendang, tetapi hanya memberitahukan ada bahaya di kiri sementara tangan kiri pengendara harus pegang kopling.
8. TAMBAH KECEPATAN:
Petugas VJ memberikan isyarat ‘tambah  kecepatan’ dengan cara mengangkat tangan kiri sambil menunjukkan jari  telunjuk kirinya. Isyarat ini bisa juga di lakukan dengan membuka  telapak tangan kiri kemudian digerakkan kedepan berulang-ulang. Gerakan  tangan yang lain, yaitu tangan kiri diangkat ke atas kemudian didorong  kedepan. Pesannya mengatakan ‘ayo maju lagi, yuk kita lebih cepat lagi’.  Isyarat ini harus melihat kondisi jalan, apakah aman serta memungkinkan  kecepatan bisa ditambah.

9. KURANGI KECEPATAN:
Petugas VJ memberikan isyarat ‘kurangi  kecepatan’ dengan cara melepas lengan tangan kiri dari handle kopling  dengan secukupnya kemudian telapak tangan terbuka dimainkan atau  diayunkan dengan perlahan. Bisa juga lengan tangan kiri secara besar  diayun-ayunkan agar terlihat oleh semua peserta. Biasanya isyarat ini  dilakukan ketika melewati tikungan-tikungan di pegunungan atau di jalan  lurus dimana VJ minta kecepatan dikurangi secara perlahan, atau juga VJ  minta extra perhatian grup untuk selalu “hati-hati”.

10. RAPATKAN BARISAN:
Petugas VJ memberikan isyarat  ‘rapatkan barisan’ dengan mengangat tangkat kirinya keatas, mengepalkan  telapak tangan kiri kemudian diayunkan beberapa kali. Isyarat ini bisa  juga ketika kecepatan mendadak diminta VJ agar segera pelan dan kemudian  akan berhenti karena “red traffic light” atau bahaya lainnya.

11. BUAT SATU BARIS:
Petugas VJ memberikan isyarat ‘buat  barisan jadi satu’ dengan cara mengangkat tangan kirinya tinggi dan  menempatkan telapak tangan kirinya diatas helm terbuka menghadap ke  kanan, kemudian telapak tangan tadi diayungkan seperlunya. Isyarat satu  baris ini juga bisa dengan mengangkat tangan kiri kemudian memberikan  telunjuk satu kiri.

12. BUAT DUA BARIS:
Petugas VJ memberikan isyarat ‘buat  dua baris’ dengan cara mengangkat tangan kirinya sembari memberikan dua  jari sebagai tanda angka 2. Isyarat ini meminta formasi barisan grup  menjadi dua dengan syarat kecepatan rendah, kondisi jalan sepi dan  formasi memang layak untuk berbaris dua. Jika kondisi dua baris sudah  tidak mungkin lagi, maka secepatnya VJ memberikan isyarat satu baris  (no. 11).

13. STOP/BERHENTI:
Petugas VJ memberikan isyarat  “berhenti/stop” dengan cara melepaskan tangan kirinya dari handle  kopling kemudian telapak kirinya dibuka ke belakang sambil dimainkan  atau digoyang-goyang menandakan harap segera berhenti. Isyarat ini  jarang dipergunakan karena isyarat no. 10 rapatkan barisan dipakai  sekaligus untuk berhenti.
     Seluruh keterangan mekanisme touring,  maupun bahasa isyarat VJ yang telah dipaparkan diatas bukanlah suatu hal  yang baku. Sebenarnya masih banyaklagi mekanisme touring, maupun  isyarat-isyarat lainnya yang bisa dipergunakan ketika berkendara bersama  grup. Semua mekanisme touring dan bahasa isyarat tetap disesuaikan  dengan kebutuhan, juga perkembangan dari setiap grup, komunitas maupun  klub motor yang bersangkutan
Semua orang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman, dan keluarga dirumah pun selalu mendoakan agar kita selamat sampai ditujuan
Semua orang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman, dan keluarga dirumah pun selalu mendoakan agar kita selamat sampai ditujuan
Source









