Jumat, 18 November 2011

5 Pesawat Tempur Yang Efisien Namun Efektif

SiteMap : Home » » 5 Pesawat Tempur Yang Efisien Namun Efektif



Sebarkan Artikel

Pesawat perang di bawah ini memang tak semahal generasi mutakhir semacam B-2 Spirit atau F-22 Raptor yang harganya mencapai miliaran dollar Amerika. Pesawat di bawah ini harganya ratusan juta dollar, namun terbukti efektif di berbagai medan perang...

1. E-2D Advanced Hawkeye (US$ 232 juta/Rp2,08 triliun)
Pesawat ini memiliki sistem radar baru sehingga dapat melakukan pengawasan dan pengintaian musuh dengan seksama dan akurat. Kini, E-2D Advanced Hawkeye ini menjadi andalan bagi Angkatan Laut Amerika Serikat dalam berbagai operasinya, terutama di Timur Tengah.


2. F-35 Lightning II (US$ 122 juta/Rp1,098 triliun)
Tahun 2001, pabrikan Lockheed Martin menyetujui membuat pesawat jet supersonic besar untuk militer. F-35 ini memang dibuat untuk meremajakan seri pesawat sebelumnya. Namun demikian, kehandalannya di medan perang banyak dipuji.

3. V-22 Osprey (US$118 juta/Rp1,062 triliun)
Pesawat ini dapat terbang dan mendarat seperti helikopter namun hebatnya bisa terbang lebih cepat daripada pesawat biasa. V-22 ini digunakan pertama kali untuk menyerang Irak pada tahun 2007.

4. EA-18G Growler (US$102 juta/Rp918 miliar)
Seri ini adalah generasi terbaru dari F/A-18 fighter, namun telah ditambahkan untuk perang peralatan elektrik. Growler tidak hanya mampu menemukan dan merusakan radar pesawat yang menggunakan anti-radar, namun Growler juga mampu merusak sistem komunikasi musuh.

5. F/A-18 Hornet (US$ 94 juta/Rp846 miliar)
Pesawat bermesin ganda ini memulai debutnya melakukan penyerangan di tahun 1980-an. Pesawat ini bisa menyerang ke arah tanah dan udara sekaligus, seperti dilakukan pada Operasi Desert Storm. Banyak digunakan oleh kesatuan angkatan laut sejumlah negara. Negara yang menggunakan pesawat ini selain Amerika Serikat adalah Kanada, Australia, Finlandia, Kuwait, Malaysia, Spanyol, dst. (**)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: