Senin, 21 November 2011

Cacing Raksasa, Mirip Mongolian Death Worm

SiteMap : Home » » Cacing Raksasa, Mirip Mongolian Death Worm



Sebarkan Artikel

Cacing berukuran raksasa teryata bukan hanya kisah fiksi belaka. Dalam artikel berikut ini, saya akan membahas tentang cacing raksasa, seekor hewan melata yang bagi sebagian orang dianggap geli ini ternyata mempunyai saudara yang berukuran cukup besar. Bagi yang membenci cacing, gambar - gambar berikut akan sangat mengganggu, jadi harap dipertimbangkan dahulu sebelum meneruskan untuk membaca artikel ini.

Cacing ini mungkin akan menjadi mimpi buruk bagi mereka yang sangat membenci hewan ini. Bagaimana tidak, cacing yang dapat tumbuh sepenjang setengah meter dengan diameter tubuh hampir satu inci tampak seperti monster dalam kisah fiksi. Lalu, cacing jenis apakah yang dapat mencapai ukuran seperti itu?


Di Brazil telah ditemukan cacing raksasa yang disebut Minhocuçu ( rhinodrilus ) oleh penduduk setempat. Cacing ini dapat tumbuh besar dengan mudah hingga penjangnya mencapai setengah meter. Apakah cacing ini sudah cukup besar? ternyata TIDAK. Keluarga Microchaetidae di Afrika Selatan dikenal masyarakat sebagai jenis cacing yang dapat tumbuh hingga satu meter. Lalu, apakah jenis cacing raksasa ini yang terbesar ? Ternyata ada yang lebih besar lagi, yaitu berasal dari keluarga Megascolecidae. Jenis ini diketahui bisa tumbuh hingga 2,4 meter panjangnya dengan ketebalan tubuh 24 milimeter.







Ilmuwan belum bisa mengetahui asal muasal cacing - cacing raksasa ini, yang jelas, beberapa jenis cacing raksasa telah berhasil diidentifikasi, bahkan ada yang diperkirakan telah punah.


Menurut ilmuwan, cacing raksasa sama sekali tidak berbahaya, hanya legenda tentang cacing raksasa yang menyeramkan seperti kisah Mongolian Death Worm telah membuat cacing raksasa ini dianggap berbahaya bagi sebagian orang. Mongolian Death Worm dikatakan sebagai cacing monster karnivora yang dapat mengeluarkan racun dan sengatan listrik untuk melumpuhkan mangsanya. Walaupun berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari Mongolian Death Worm, mahkluk ini belum ditemukan hingga saat ini.


Walaupun hewan ini tampak aneh, namun peranan hewan ini dalam ekosistem alam sangatlah penting. Di Brazil sendiri, cacing - cacing raksasa terancam dalam bahaya karena banyak diburu oleh masyarakat sebagai umpan pancing.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: