Kamis, 08 September 2011

5 Album Rock Alternatif Terbaik di Tahun 90-an

SiteMap : Home » » 5 Album Rock Alternatif Terbaik di Tahun 90-an



Sebarkan Artikel

Kebangkitan musik rock dunia di mulai oleh gebrakan inovasi Kurt Cobain, Dave grohl, dan Kriss Novoselic dengan Nirvana-nya. Saat itu kaum muda bosan dengan musik new wave, post punk, punk, bahkan heavy metal ataupun trash metal dengan vokal yang menjerit atau menggeram. Era 90-an adalah era kesederhanaan dan keterbukaan dalam mengekspresikan musik, bahkan bernyanyi  dengan tiga kord gitar tidak menjadi masalah. Berikut adalah 5 album rock alternatif terbaik di tahun 90-an:


1. Nirvana – ‘Nevermind’
Album Nevermind, adalah buah karya sebuah kelompok musik asal Seattle, Nirvana. Diluncurkan pada September 1991, kehadirannya bahkan menjatuhkan popularitas dan tangga lagu album Dangerous milik sang King of Pop, mendiang Michael Jackson. Secara industri sebelum Kurt Cobain memutuskan untuk mengakhiri hidupnya, Nirvana meluncurkan album In Utero pada 1993, dan bubar.

2. Radiohead – ‘OK Computer’
Sepertinya band ini lebih dikenal dengan one hit wondernya, seperti Creep dari album debutnya Pablo Honey pada tahun 1992. Namun mereka membuktikan kecerdasan dan kecerdikan mereka melalui album OK Computer yang diluncurkan pada tahun 1997.

3. Pearl Jam – ‘Ten’
Beberapa minggu sebelum Nirvana meluncurkan album Nevermind, pada September 1991, band sekota mereka, Pearl Jam meluncurkan album Ten.  Bahkan Pearl Jam meluncurkan tiga video klip sekaligus masing-masing untuk lagu, “Jeremy”, “Even Flow”, dan “Alive”. Sehingga stasiun televisi MTV di Amerika bahkan di dunia, diramaikan oleh nuansa musik Seattle, atau lebih dikenal dengan grunge.

4. U2 – ‘Achtung Baby’
U2 merupakan sebuah band yang digawangi Bono, the Edge, Adam Clayton, dan Larry mullen Jr, pemuda asal Irlandia. Mereka mengerjakan album Achtung Baby di Kota Berlin pada tahun 1990. Pada sebenarnya mereka kepergian mereka ke Kota Berlin adalah untuk merekam sebuah soundtrack untuk film Rattle and Hum, namun mereka dengan berani membuat sebuah album, yang telah dipersiapkan sebelumnya.

5. Oasis – ‘(What’s The Story) Morning Glory?’
Sebuah kebangkitan musik pop rock Inggris, atau lebih dikenal dengan sebutan British Rock, bahkan ketenaran mereka disamakan dengan the Beatles. Oasis sebuah band yang penuh dengan sensasi dan kontroversi, mereka mengeluarkan album ‘(What’s The Story) Morning Glory? Pada tahun 1995.  Penjualan album mereka menyamai penjualan album Sgt. Pepper Lonely Hearts Club Band nya the Beatles dan Greatest hits nya Queen.  Beberapa hits dari album ‘(What’s The Story) Morning Glory?, adalah Wonderwall dan “Champagne Supernova”.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: