Selasa, 06 September 2011

M-Disc, Disc Terkuat Yang Dapat Menyimpan Data "LifeTime"

SiteMap : Home » » M-Disc, Disc Terkuat Yang Dapat Menyimpan Data "LifeTime"



Sebarkan Artikel


Ada barang bagus buat kamu yang ingin menyimpan data-datamu untuk diperlihatkan ke cucunya cucunya cucunya cucunya cucu. Benda ini diklaim mampu menyimpan data tanpa masalah untuk dibuka kembali 1000 tahun kemudian, bahkan lebih!

Benda yang dinaksud adalah M-Disc, cakram penyimpan data yang bisa dibilang terkuat di dunia untuk saat ini. Menurut Endgadget, bentuknya hampir sama dengan disc yang ada saat ini, CD atau DVD, hanya saja M-Disc memiliki lempengan yang transparan.

Pembuatnya, Milleniata, melapisi disc tersebut dengan lapisan yang menyerupai batu sintetis agar file didalamnya tidak pernah corrupt. Karenanya, disc ini berhasil mendapatkan sertifikasi DoD untuk media penyimpanan data yang mampu bertahan dalam kondisi ekstrim sekalipun.




Versi yang ada saat ini memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 4.7GB, sama dengan kapasitas DVD single-layer saat ini. Namun mereka juga tengah mengerjakan versi dual-layer dan Blue-raynya.

Saat ini Hitachi dan LG telah menandatangi kesepakatan untuk memproduksi drivenya. Ini adalah penemuan yang hebat, hanya saja saya kurang yakin apakah 10 abad kemudian masih ada perusahaan yang memproduksi drive untuk membaca Disc ini.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: