Kamis, 08 September 2011

Jejak Asteroid yang Pernah Menghantam Bumi

SiteMap : Home » » Jejak Asteroid yang Pernah Menghantam Bumi



Sebarkan Artikel

1. The Giant Impact Theory
Thelia adalah asteroid/planetoid terbesar (seukuran planet Mars) yang pernah menghantam bumi pada awal sistem solar kita. Ketika tumbukan itu terjadi, volume besar batuan cair terlempar ke atas. Beberapa dari batuan cair yang terlontar, memasuki orbit, menjadi dingin dan mengeras hingga dikenal kini sebagai Bulan. Peristiwa ini dikenal sebagai The Giant Impact Theory, yang banyak menjelaskan sebagian besar sistem Bumi-Bulan dimana komposisi kimia Bulan memiliki kemiripan dengan kerak Bumi.


2. Kawah Vredefort
Vredofort dipercaya sebagai sebuah kawah yang dihasilkan oleh sebuah tumbukan asteroid yang terjadi 4 milyar tahun yang lalu. Terletak di Afrika Selatan, dengan diameter berukuran 250-300 km. The Vredefort Dome demikian lebih dikenal, oleh Unesco telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Kawah Chicxulub
Kawah Chicxulub adalah kawah kuno yang terkubur di Semenanjung Yukatan, Meksiko. Pusat kawah ini terletak di kota Chicxulub. Kawah ini memiliki diameter sebesar 180 km yang dihasilkan dari sebuah hantaman asteroid yang terjadi 65 juta tahun yang lalu. Kawah ini ditemukan oleh Glen Penfield yang sedang mencari minyak bumi pada tahun 1970-an. Dan dipercaya sebagai tumbukan yang menyebabkan kehidupan purba dinosurus punah.

4. Kawah Manicouagan
Kawah Manicouagan terletak di County Manicouagan Daerah Kota di wilayah Côte-Nord di Quebec, Kanada. Kawah ini adalah salah satu kawah tertua yang dihasilkan dari tabrakan asteroid berdiameter 5 km. Terjadi sekitar 215 juta tahun yang lalu (Periode Trias) yang menyebabkan kepunahan hampir dari  60 persen dari semua spesies mahluk hidup ketika itu.

5. Kawah Karakul
Kawah Karakul di Tajikistan, terbentuk 25 juta tahun yang lalu oleh sebuah meteroit besar yang menghantam bumi. Luas kawah Karakul memiliki diameter lingkaran mencapai 52 km. Kawah ini ditemukan melalui studi citra yang diambil dari ruang angkasa.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: