Minggu, 04 September 2011

Beberapa Teknologi Kereta Api Tercepat di Dunia

SiteMap : Home » » Beberapa Teknologi Kereta Api Tercepat di Dunia



Sebarkan Artikel

1. MLX01 (581 km/jam)
Kereta api tercepat di dunia menggunakan teknologi Magnetically Levitated (MAGLEV), sering juga disebut kereta api magnet. Adalah MLX01 yang merupakan bagian dari proyek Maglev Chuo Shinkansen Line di Jepang. Tujuan dari proyek ini adalah memastikan di mana kereta maglev dapat beroperasi dengan aman. Idealnya, kereta ini akan memiliki kecepatan jelajah minimal 310,7 mph (500 kph). Pada tahun 2003, di jalur panjang Yamanashi (42,8 kilometer) 26,6-mil, MLX01 memecahkan rekor kecepatan mencapai 361 mph (581 kph).

Kereta maglev, mungkin suatu hari nanti menggantikan kereta peluru Shinkansen di Jepang. Tapi yang pasti, dibutuhkan investasi besar-besaran dalam pengadaan infrastruktur baru. Bahkan, rencana untuk membangun jalur Tokyo dan pusat Jepang membutuhkan biaya lebih dari $ 44 milyar. Japan Railway Co mengatakan bahwa ia akan menyelesaikan proyek tersebut pada tahun 2025.


2. TGV Est V150 (547,8 km/jam)
Rekor kecepatan TGV mencapai 357,2 mph (574,8 kph) pada jalur yang menghubungkan Paris ke Strasbourg. Untuk mencapai kecepatan tinggi, Alstom membenamkan masing-masing kereta dengan daya mesin sebesar 25.000 tenaga kuda yang diperolehnya dari cabel electric.  Tujuan dari proyek ini bukan untuk memecahkan rekor kecepatan atau bahkan untuk menyediakan transportasi berkecepatan tinggi di Perancis. Sebaliknya, Alstom sedang mencoba untuk menjual teknologi rel berkecepatan tinggi untuk negara-negara seperti China.

3. ML-500R (517 km/jam)
ML-500R adalah salah satu dari awal eksperimen kereta maglev tercepat. Pada tahun 1979, sebuah uji coba dilakukan di  Miyazaki Test Track, Jepang. Pada saat itu ML-500R mencapai kecepatan tertinggi 321,2 mph (517 kph) di jalur sepanjang (7 kilometer) 4.3-mil. ML-500R adalah kendaraan uji tak berawak. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kelayakan levitasi maglev dan sistem propulsi. Insinyur yang bekerja pada proyek memasukkan elemen-elemen desain ML-500R ke dalam model kereta masa depan (seperti MLU002N).

4. Transrapid 08: Maglev Shanghai Train (501 km/jam)
Transrapid 08 dikenal juga sebagai Shanghai Maglev Train. Jalur maglev membentang dari Pudong International Airport ke pusat kota Shanghai. Transrapid membangun prototipe untuk Kereta Maglev Shanghai pada tahun 1999, mengujinya di Transrapid Test Fasilitas Emsland, Jerman. Sekali lagi, Transrapid memecahkan rekor kecepatan, mencapai kecepatan tertinggi 311,3 mph (501 kph). pejabat Cina menyatakan minatnya dalam teknologi dan mulai bekerja dengan Transrapid untuk membahas kemungkinan membangun sebuah lagu (30 km) 18,6-mil panjang. Konstruksi proyek dimulai pada tahun 2001. Pada tanggal 31 Desember 2002, Shanghai Maglev Train selesai dibuat. Peluncuran perdananya, mencapai kecepatan jelajah 267,2 mph (430 kph).

5. Transrapid 07 (279 km/jam)
Sepertinya 1988 merupakan tahunnya kereta api berkecepatan tinggi. Sejak  ICE V dan kereta api Transrapid 06 memecahkan rekor kecepatan, di publik Jerman. Pada tanggal 17 Juni 1993, Transrapid 07 menembus kecepatan tertinggi 279,6 mph (450 kph) di bawah kondisi operasi normal pada jalur uji TVE. Kesuksesan tersebut, membuat Magnetschnellbahn Berlin-Hamburg mengajukan permohonan pemerintah Jerman untuk membangun sistem perkeretaapian maglev nasional yang menghubungkan antara kota-kota besar di Jerman.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: