Sabtu, 29 Oktober 2011

BEBERAPA JENIS HAMSTER

SiteMap : Home » » BEBERAPA JENIS HAMSTER



Sebarkan Artikel

Di Indonesia saat ini terdapat berbagai jenis hamster yang saya kelompokkan menjadi 5 macam, yaitu :
1. Hamster Syrian
2. Hamster Mini Campbell
3. Hamster Mini Winter White
4. Hamster Mini Roborovski
5. Hamster Mini Hybrid

 
1. HAMSTER SYRIAN

   Hamster ini disebut juga giant hamster. Hal ini dikarenakan Ukuran hamster Syrian dewasa mencapai 12 - 17 cm. Kelebihan Hamster Syrian. Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang (long hair). Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.
 Di Indonesia hamster ini masih belum terlalu populer. hal itu yang menyebabkan masih belum banyak orang yang memelihara hamster ini.
        Yang cocok memelihara hamster ini :
1. Anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara hamster
2. Orang yang senang dengan binatang berbulu panjang
3. Orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja

2.HAMSTER CAMPBELL
   Hamster Campbell adalah hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 - 12 cm. Karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang lebih 'berani' dibanding hamster jenis lain.
Hamster ini paling suka menggigit dibandingkan hamster lainnya. karena mereka mengenali sesuatu dengan cara menggigit. Tapi dengan sabar memelihara dan sering memegang hamster ini akan membuat si hamster menjadi sangat jinak kepada si pemilik.
Di indonesia hamster ini sangat banyak dikembangbiakkan. hal ini didukung dengan sifat alami hamster ini sendiri yang sangat mudah berkembang biak. Harga hamster campbell dipasaran saat ini sangat turun dibandingkan hamster lain, hal ini dikarenakan sanga tmudahnya bagi para peternak untuk mengembangbiakkannya.

Kelebihan Hamster Campbell. Hamster ini memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Hamster ini termasuk pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan bagi Anda untuk menjinakkan hamster-hamster Campbell yang selama ini dikenal galak.

Kekurangan Hamster Campbell. Karena banyaknya hamster campbell yang "salah asuh" dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok bagi anak kecil dan orang yang tidak rela mendapat satu atau dua gigitan. Hamster ini sering diternakkan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster Syrian.

3.HAMSTER WINTER WHITE

   Hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di link Jenis Jenis Hamster.

Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hamster campbell, yaitu berukuran 7 - 9 cm. Umumnya memiliki 3 jenis variasi warna : Normal, Sapphire, dan Pearl.


Karakter hamster ini tenang, banyak juga yang penakut, dan kalau yang jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia. Banyak yang menyukai jenis ini dibanding hamster mini yang lain karena sifat manjanya ini.
Kelebihan Hamster Winter White. Persentase hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.

Kekurangan Hamster Winter White. Menurut pendapat saya sendiri hamster ini lebih malas dibanding hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.

 
4.HAMSTER ROBOROVSKI

   Hamster ini merupakan hamster paling kecil diantara semuanya. Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm. Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Cenderung lebih takut pada manusia dibanding yang lain. Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih. Hamser ini salah satu hamster yang sangat sulit untuk dikembangbiakkan .

Kelebihan Hamster Roborovski. Salah satu hamster yang paling digemari juga karena ukurannya yang paling kecil dan mukanya yang paling berbeda dibanding hamster lain. Lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif.


Kekurangan Hamster Roborovski. Sulit dipegang karena biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia. Terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman.
Hamster ini tidak cocok untuk pemula karena cukup sulit untuk di pelihara.
Yang dimaksud dengan hamster hybrid adalah hamster yang lahir dari hasil silangan hamster campbell dan hamster winter white. 

5.HAMSTER HYBIRD

   Hamster ini menjadi kontroversi karena banyak para hobiesst menggangap hal ini merusak genetika hamster asli. Hmaster ini juga sangat banyak peminatnya karena warna dan sifat dihasilkan dari persilangan hamster ini banyak disukai oleh banyak orang. Hamster Hybrid rata-rata mengambil bentuk seperti hamster winter white. Oleh karena itu banyak yang mengkategorikan hamster ini sebagai winter white. 

Kelebihan Hamster Hybrid. Sifatnya hampir sama seperti hamster winter white dan juga dapat berubah warna karena suhu dingin.

Kelemahan Hamster Hybrid. Dari beberapa catatan dinyatakan bahwa hamster hybrid lebih rawan terkena penyakit seperti tumor dan diabetes. Dan kelemahan lainnya pun sama seperti hamster winter white



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: