Rabu, 26 Oktober 2011

Serba-Serbi Sejarah FIFA World Cup

SiteMap : Home » » Serba-Serbi Sejarah FIFA World Cup



Sebarkan Artikel




Awal Mula :


1928


Tahukah anda?
bahwa orang yang pertama kali mencetuskan FIFA adalah negara Prancis, dan dilakukan di negara belanda.

Fakta
FIFA pertama kali dicetuskan di Amsterdam, Belanda pada tahun 1928, oleh persatuan sepak bola France Jules Rimet , dan temannya Henri Delaunay.


1929

Tahukah anda?
Bahwa nama dari trofi piala dunia pertama diambil dari nama orang francis yang pertama mencetuskan ide FIFA.

Fakta
Trofi Piala Dunia diambil diberi nama Piala dunia Jules Rimet, dan pertama kali juga dibuat oleh perajin seni di prancis yang bernama Abel La Fleur. Piala dunia tersebut berbentuk Oktagonal berlambangkan bumi yang dipegang oleh dewa kemenangan yang bernama Nike (Dewa Yunani Kuno). Piala tersebut dibuat dengan tinggi 35 cm, dan berat 3,5 Kg, dengan bahan dari emas murni.

1930

Tahukah anda?
Bahwa piala dunia pertama diselenggarakan di Uruguay, dan sekaligus menjadi juara pertama di Dunia.

Fakta
Uruguay menjadi negara pertama di dunia yang menjadi tuan rumah dalam acara FIFA World Cup pada tahun 1930, yang diselenggarakan dari 13-30 Juli, dan sekaligus menjadi juara pertama setelah mengalahkan Argentina dengan score 4-2.

1938



Tahukah anda?
Bahwa Indonesia masuk dalam sejarah piala dunia, dan menjadi negara asia pertama yang pernah lolos kualifikasi.


Fakta
Pada tahun 1938, Indonesia masuk di ajang Piala Dunia, dan menjadi satu-satunya negara pertama di ASIA setelah mengalahkan Jepang. Pada saat tersebut Jepang tidak menghadiri pertandingan (Absen) sehingga Indonesia lolos, Setelah lolos Indonesia dibantai 0-6 oleh Hungaria. Pada saat itu Indonesia masih berada di bawah kekuasaan Belanda, dan masih memakai nama Hindia Belanda. 

1942 - 1946

Tahukah anda?
Bahwa pada perang dunia ke-2 piala dunia tidak diselenggarakan, karena negara-negara terlalu sibuk untuk berperang.

Fakta
Piala dunia sempat terhenti selama 12 tahun akibat dari perang dunia ke-2 yang sempat melanda dunia, dan dimulai kembali pada tahun 1950 di brasil.

1958




Tahukah anda?
Bahwa pada tahun ini, muncul Bintang bola baru yang menggegerkan dunia, dan sekaligus menjadi pemain termuda pertama yang menginjakkan kakinya di piala dunia.


Fakta
Pada tahun 1958, Pele muncul pemain muda berbakat yang menghentakkan dunia. Walau sempat absen pada pertandingan pertama, Pele tetap menjadi Top score, dan dengan permainan indahnya, ia membawa Brasil menjadi juara dengan score 5-2 mengalahkan Swedia.

1962

Tahukah anda?
Bahwa brasil, merupakan negara kedua setelah Italia yang menang 2 kali berturut-turut dalam ajang Piala Dunia.

Fakta
Pada tahun 1962, tim Samba kembali memantapkan langkah, dan konsistensinya dalam piala Dunia. Dengan dukungan Pele sebagai ujung tombak, Brasil kembali menjuarai Piala dunia tuk yang kedua kalinya.


1966

Tahukah anda?
Bahwa Trofi Piala dunia sempat dicuri pada tahun 1966, pada saat dipamerkan di stampex exhibition, westminster center hall. Di tahun yang sama Inggris menjadi juara dalam FIFA world cup.

Fakta
Sebelum FIFA World Cup, Piala dunia sempat di curi. Hal ini sempat membuat panitia pusing tujuh keliling, karena tak sanggup membuat tiruannya yang memang sangat sulit ditiru. Untungnya 7 hari kemudian trofi tersebut ditemukan oleh seekor anjing bernama pickles. Di tahun yang sama menjadi akhir dari penantian The Three Lions. 16 tahun sejak ikut dalam piala dunia, Three lions menjadi juara dunia dalam Ajang bergengsi FIFA World Cup 1966. Mereka menjadi juara tunggal setelah menumbangkan Jerman Barat dengan skore 5-2.


1970

Tahukah anda?
Bahwa pada tahun ini telah ditemukan Tv berwarna, yang menjadikan tontonan FIFA World Cup yang pertama kali dalam sejarah di tonton dalam Tv berwarna. Di tahun yang sama Brasil menjadi negara pertama yang menjuarai FIFA World Cup sebanyak 3 kali dan tahun ini adalah tahun terkahir Pele turut serta memeriahkan Piala Dunia.

Fakta
Piala dunia di Meksiko menjadi pionir dalam sejarah persepakbolaan dunia, karena pada saat itu pula ditemukan Tv berwarna, aturan baru, title. Di piala dunia ini juga pertama kalinya pemberian penghargaan atas sikap fairplay pada negara Peru, dan sepatu emas yang diberikan kepada pemain-pemain terbaik (Gerd muller "Jerman", Jairzinho"Brasil", Teofilo Cubillas"Peru").

1974



Tahukah anda?
Bahwa pada tahun ini, Koin Indonesia digunakan sebagai pengundi pemegang bola pertama pada pertandingan Final Belanda, Vs Jerman Barat.

Fakta
Uniknya pada tahun 1974, koin Indonesia menjadi koin penentu pemegang bola pertama. Wasit pertandingan "Jack Taylor", memilih koin dari Indonesia karena dianggap pas. Lucunya saat ditanya mengapa memilih koin tersebut, ia pun hanya tersenyum.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan Terkait Lainnya: